Hari Pertama Bertugas, Kajati Sumut Idianto Monitoring Seluruh Ruangan Kerja

Hari pertama bertugas, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut Idianto, Jumat (4/3/2022), langsung melakukan monitoring ke seluruh ruangan kerja.

topmetro.news – Hari pertama bertugas, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumut Idianto, Jumat (4/3/2022), langsung melakukan monitoring ke seluruh ruangan kerja. Sekaligus menyapa staf dan para pegawai di kantor Jalan AH Nasution Medan.

Idianto didampingi Wakajati Edyward Kaban, Asintel Dwi Setyo Budi Utomo, Aspidsus M Syarifuddin, Aswas RM Ari Prioagung, Asdatun Prima Idwan Mariza, Kabag TU Raden Sudaryono dan Kepala Seksi (Kasi) Penkum Yos A Tarigan menyempatkan waktu memberikan arahan kepada beberapa Kasi.

Mantan Direktur Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum) Kejagung RI itu bukanlah ‘wajah baru’ di Sumut.

Sebelumnya pernah bertugas sebagai Asintel Kejati Sumut dan sempat menerima sapaan dan mendapat ucapan selamat bertemu kembali oleh para pegawai.

Kajati Sumut memulai kunjungannya ke ruangan Intel, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Kemudian, halaman belakang kantor, Masjid Al-Qisth, Poliklinik, IAD Wilayah Sumut. Juga, Ruangan Pidana Militer, Pidana Umum (Pidum), Pidana Khusus (Pidsus). Serta perpustakaan serta Ruang Pembinaan dan Pengawasan.

Saat berkunjung ke PTSP, Idianto berpesan agar selalu terbuka (transparan) memberikan pelayanan termasuk informasi penanganan kasus. “Jika ada masyarakat atau publik bertanya, tentu kita akan jawab. Kita terbuka dan memberi jawaban sesuai dengan kode etik dan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Orang pertama di Kejati Sumut tersebut menyempatkan diri berdialog dengan Kasi TP Terorisme dan Lintas Negara Yusnar, Kasi Narkotika Rumondang, serta Kasi Eksaminasi dan Eksekusi Yuliyati Ningsih.

Restorative Justice

Ia berharap penanganan perkara Pidum agar berjalan sesuai dengan harapan dan mengedepankan hati nurani. “Seperti pesan Pak Jaksa Agung. Kalau ada kasus/perkara tindak pidana ringan setelah ditelaah, jika memungkinkan dihentikan penuntutannya lewat Restorative Justice (RJ),” tegasnya.

Dalam kunjungannya ke beberapa ruangan, mantan Kajati Bali ini juga mengingatkan para pegawai dan jaksa agar meningkatkan disiplin dan kinerja. Serta menjaga integritas dan nama baik institusi.

Setelah monitoring seluruh ruangan, Kajati Sumut menggelar rapat dengan Wakajati, para Asisten dan Kasi. Tujuan rapat untuk menyamakan persepsi, membangun kebersamaan dan sinergi.

Selesai rapat koordinasi dengan jajaran, Kajati Idianto menyempatkan diri untuk Shalat Jum’at berjamaah di Masjid Al-Qisth.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment